Search This Blog

Kisah Inspiratif

"KEUTAMAAN AKHLAK YANG BAIK Anas bin malik berkata, "Seorang hamba -dengan akhlaknya yang baik- dapat mencapai derajat tertinggi di surga, sedangkan ia bukanlah seorang ahli ibadah. Dan -dengan akhlaknya yang buruk- dapoat terhempas ke dasar paling bawah neraka Jahanam, sedangkan ia seorang ahli ibadah". (Al-Ghazali) # Ada beberapa orang yang datang menemui Rosulullah saw, lalu berkata, "Wahai Rosulullah, si fulanah adalah orang yang rajin shalat, puasa, dan mengeluarkan zakat, tapi ia juga sering berbuat jahat terhadap tetangganya. Lantas Rosulullah saw bersbda, "Dia adalah penghuni neraka" Lalu ada yang berkata kepada Rosulullah. Bahwa ada seorang perempuan yang shalatnya biasa-biasa, begitu juga dengan puasa yang dilakukan dan zakat yang dikeluarkannya, tapi ia tidak pernah berbuat jahat terhadap tetangganya. Mendengar hal itu, beliau bersabda, "Dia adalah penghuni surga" (HR Imam Ahmad Hakim dan AL-Hatsimi). (Akhlak Mulia, 2008)# Aisyah ra berkata, "Semenjak berpindah ke madinah, keluarga Muhammad saw tidak pernah kenyang makan gandum selama tiga malam berturut-turut sampai Nabi wafat" (Bukhari Muslim) "
Powered by Blogger.

pengunjung ke:

Most Trending

Tuesday 26 May 2015


 Assalamu'alaikum Wr. Wb . . .
Akhi wa Ukhti fillah. Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam. Salawat serta salam kita layangkan kepada Nabi kita Muhammad SAW yang sudah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman islamiya.

Kenapa Doaku Tak Terkabul?  Setiap orang pasti banyak yang berpikir seperti itu. Ketika seseorang merasa doanya tidak kunjung dikabulkan, tidak jarang sejak saat itu, ia pun tidak lagi berdoa dan tidak punya harapan bahwa doanya akan dikabulkan oleh Allah. Padahal sikap seperti ini dilarang oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau bersabda,"Doa salah seorang dari kalian akan dikabulkan selagi ia tidak buru-buru. (Yakni jika) ia berkata,'Aku telah berdoa kepada Tuhanku, tapi doaku tidak dikabulkan'." (HR Al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).
Dalam riwayat Muslim disebutkan,"Ditanyakan,'Wahai Rasulullah, apa yang dimaksud dengan minta agar doa segera dikabulkan?' Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,'(Yakni) hamba itu berkata,'Aku berdoa dan berdoa, tapi doaku tidak dikabulkan'.' (HR Muslim).
Kita semestinya menyadari bahwa ada banyak sebab mengapa sebuah doa tidak segera dikabulkan oleh Allah. Kita juga hendaknya paham bahwa hikmah besar pasti selalu ada di balik tidak dikabulkannya doa dalam waktu cepat. Di antara sebab dan hikmah itu adalah sebagai berikut :
1. Belum Memenuhi Syarat-Syarat diterimanya Doa. => biasa jadi penyebab tertundanya pengabulan doa kita adalah karena kita belum memenuhi syarat-syarat diterimanya doa. Misalnya, kita tidak menghadirkan hati, tidak khusyuk, dan tidak merendahkan diri saat berdoa. Kita berdoa bukan pada waktu di mana doa akan mudah dikabulkan atau kita belum memenuhi syarat-syarat doa penting lainnya.
2. Karena Sebab Tertentu. => terkadang doa tidak terkabul dikarenakan sebab tertentu seperti karena kita belum bertobat dari dosa, karena dosa di mana kita tidak bertobat dengan jujur karena makanan yang mengandung syubhat atau karena ada hak milik orang lain pada diri kita dan kita belum mengembalikannya. Mengembalikan hak orang lain yang masih ada pada kita kepada pemiliknya terlebih dahulu. Inilah sebab terpenting tidak dikabulkannya doa. Disebutkan dalam hadist bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Hai Sa'ad (bin Abu Waqqash), makanlah makanan yang baik-baik, niscaya engkau menjadi orang yang doanya dikabulkan."
3. Pahalanya Diberikan di Akhirat => bisa jadi Allah tidak mengabulkan doa kita karena Ia sengaja hendak menyimpan pahala doa kita untuk Ia berikan di akhirat kelak. Atau karena Ia hendak menghilangkan keburukan dari kita. Diriwayatkan dari Ubadah bin Ash-Shamit radhiyallahi 'anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Jika di atas bumi ada seorang muslim berdoa kepada Allah dengan satu doa, maka Ia akan mengabulkan doa itu atau menghilangkan keburukan darinya, selagi ia tidak mengerjakan dosa atau memutus hubungan kekerabatan."
Seseorang berkata,"Bagaimana kalau kita memperbanyak doa?" Rasulullah SAW bersabda,"Allah akan lebih banyak lagi mengabulkan doanya atau menghilangkan keburukan darinya." (HR At-Tirmidzi, Ahmad dan Al-Hakim). Jadi jangan khawatir, jika kita merasa doa yang dipanjatkan tak kunjung dikabulkan, telitilah diri kita. Bisa jadi keburukan-keburukan kita berangsur lenyap, dihilangkan oleh Allah Swt.
4. Ujian Dari Allah. => penundaan terkabulnya doa merupakan salah satu bentuk ujian dari Allah kepada seseorang. Allah ingin menguji iman orang itu. Ketika doa tidak segera dikabulkan, setan membisikkan pikiran jahat kepada seseorang, dengan berkata kepadanya,"Apa yang kita minta ada pada Allah. Tapi mengapa doa kita tidak segera dikabulkan?" Bagitu pula, setan akan menyusupkan bisikan-bisikan jahat lainnya.
Setiap Muslim harus melawan bisikan-bisikan jahat seperti itu dan mengusir dari dirinya dengan segala sarana. Ia harus sadar bahwa bisa jadi Allah tidak segera mengabulkan doanya karena Allah hendak menguji imannya. Ketika doa tidak segera dikabulkan, maka iman seseorang teruji dan terlihatlah perbedaan antara orang beriman sejati dengan orang beriman gadungan. Sikap seorang mukmin tidak akan berubah terhadap Tuhannya hanya karena doanya tidak segera dikabulkan, malah ia akan semakin rajin beribadah kepada-Nya.
 5. Pelajaran Bagi Seorang Muslim. => tidak segera dikabulkannya doa semestinya membuat seorang muslim tahu dan menyadari sebuah hakikat penting. Yaitu bahwa ia adalah hamba Allah, sementara Allah adalah pemilik segala-galanya. Pemilik berhak berbuat apa saja terhadap miliknya. Jika Allah mau memberi, maka itu salah satu bentuk keadilan-Nya dan ia pasti punya alasan yang kiat untuk itu. Sedangkan, jika ia tidak memberi, itu pun salah satu bentuk keadilan-Nya dan juga pasti punya alasan yang kuat.
Sekian yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf. Semata-mata yang benar datangnya dari Allah Swt dan yang salah datangnya dari diri saya sendiri. Wabillahitaufik walhidayah
Wassalamu'alaikum Wr. Wb . . .

by Risma Handya ( X MIA 3)

#bagi teman-teman remush yang memiliki artikel islami yang dirasa sangat bagus silahkan hub. admin blogger ini yaitu tommy (XII IIS 2) atau di fbnya https://www.facebook.com/wijaya.setiawan.355 dan muhammad jefri kelas (XI MIPA 5 untuk di pos di blogger remush nuri..
saya pamit undur diri wassalamu'alaikum wr. Wb

Post : akh, tommy

0 komentar: